Pengalaman Pertama Dalam Menghasilkan Uang Diatas Rp. 10.000

Sedikit tentang pengalaman saya…
By: Sehat_Aee

Berbicara tentang pengalaman pertama dalam menghasilkan uang diatas Rp. 10.000, saya teringat akan sebuah usaha yang pertama kali saya lakukan, yakni membuat usaha penjualan kembang api, lilin, mercon dal lain-lain.

Usaha tersebut saya lakukan tepatnya pada saat menjelang lebaran. Untuk lokasi yang menjadi sasaran saya pada saat tu adalah tempat saya dimana tinggal. Pemilihan lokasi tersebut saya lakukan karena saat itu di daerah tempat saya tinggal belum ada seorang pun yang meggeluti usaha tersebut, seingga menurut saya itu merupakan sebuah peluang  yang sangat baik untuk dijalankan.

Dalam menjalankan usaha tersebut, resiko kerugian sangatlah kecil karena di daerah tempat tinggal saya itu anak-anak cukup banyak. Untuk penghasilan yang saya peroleh dari usaha tersebut rata-rata adalah Rp. 45.000 dalam sehari, nominal yang cukup kecil, akan tetapi pada saat itu dengan untung yang sedemikian hati saya sudah sangat senang.

Usaha kedua yang pernah saya lakukan ialah revarasi alat-alat elektronika, seperti: Televisi, Kipas angin, tape dan lain-lain. Dalam menjalankan usaha ini, resiko  yang ditawarkan lumayan besar, karena harus berhubungan dengan tegangan 220V (AC) dan menjaga kepercayaan dari pelanggan. Untuk penghasilan yang saya dapat peroleh tidaklah terlalu besar, yakni rata-rata sebesar Rp. 60.000. hal ini terjadi karena saya hanyalah sebagai pekerja saja disebuah bengkel elektronika tersebut dan hasil yang diperoleh untuk setiap harinya juga tidak menentu. Kelangsungan dari usaha mencari uang dengan usaha revarasi tersebut tidak berlangsung lama, karena adanya kesibukan pendidikan yang harus saya jalani.

Usaha ketiga yang pernah saya lakukan ialah usaha instalasi operating system laptop/komputer. Dalam menjalankan usaha ini, penghasilan terbesar yang pernah saya peroleh adalah sebesar Rp. 75.000. Pada prakteknya, dalam menjalankan usaha ini saya tidak pernah membuat patokan biaya harga untuk setiap pc yang saya instal.

Dari sekian banyak usaha yang pernah saya lakukan, usaha yang paling mudah dalam artian resiko yang ditawarkan tidak terlalu besar ialah instalasi operating system pada pc tersebut. Dan juga karena pada prakteknya tidak mengganggu jalannya proses perkuliahan saya waktu itu.

Dari beberapa jenis usaha yang saya sebutkan di atas, itu bukanlah merupakan penghasilan tetap saya.

Sekian dulu cerita saya mengenai pengalaman pertama saya dalam menghasilkan uang sebesar Rp. 10.000. Terima kasih

Leave a Reply

