Rangkuman Materi Jeni 1

Berikut ini merupakan Rangkuman materi dari pembelajaran Pemrograman Java.

RANGKUMAN MATERI

Pengenalan Pemrograman Java

 

Tujuan dari pebelajaran :

1. Mengidentifikasi perbedaan komponen-komponen pada komputer .

a)      Komputer

Sebuah mesin yang melaksanakan berbagai macam tugas berdasarkan perintah khusus

b)      Dua komponen utama:

Hardware

  1. Bagian komputer yang dapat diukur
  2. Terdiri atas bagian elektronik dan mekanik

c)      Pengertian software

  1. Bagian komputer yang tidak dapat diukur
  2. Terdiri dari data dan program komputer

d)     CPU

Processor merupakan “otak” pada komputery ang melakukan komputasi dasar dalam sistem

Contoh: Pentium, Athlon and SPARC.

e)      Memori

Tempat dimana dapat ditemukannya data dan perintah yang dibutuhkan oleh CPU untuk melakukan tugas-tugas yang ditetapkan

2 Tipe memory :

  1. Memori Utama (Main Memory)
  2. Memori Sekunder (Secondary Memory)

f)       I/O Device

Digunakan supaya sistem komputer dapat berinteraksi dengan dunia luar dengan cara memindahkan data ke dalam dan keluar sistem

2. Mengetahui tentang bahasa pemrograman dan kategorinya.

Beberapa Tipe Program Komputer

a. Program Sistem

Contoh : Sistem Operasi seperti Linux, Windows, Unix, Solaris, MacOS

b. Program Aplikasi

Contoh :  Word Processor, Game programs, Spreadsheets

c. Compiler

  • Pengertian bahasa pemrograman

Suatu teknik komunikasi yang distandarisasi untuk menyatakan instruksi pada komputer

  • Bahasa Assembly Tingkat Rendah

Bahasa assembly serupa dengan bahasa mesin, tetapi bahasa assembly jauh lebih mudah untuk diprogram karena programmer

dapat mengganti nama menjadi angka.

3. Mengerti alur kerja pembuatan program (algoritma) dan menerapkannya pada pemecahan masalah .

Langkah-langkah dasar menyelesaikan masalah pada komputer:
1. Mendefinisikan masalah
2. Menganalisa masalah
3. Mendesain algoritma dan representasi atau penyajian (Pseudocode atau flowchart)
4. Coding dan debugging

4. Tipe-Tipe Error

a. Compile-time error atau syntax error

  • Terjadi jika terdapat syntax error pada code.
  • Compiler akan mendeteksi error dan program tidak akan melakukan kompilasi. Dalam hal ini, programmer tidak dapat menghasilkan program eksekusi yang user dapat jalankan hingga error diperbaiki.

b. Runtime Error

  • Compiler tidaklah sempurna sehingga tidak dapat menangkap semua error  pada waktu proses kompilasi. Hal ini sepenuhnya benar untuk error yang logis seperti pengulangan tanpa batas. Tipe error ini disebut dengan runtime error.

5. Sistem Bilangan

a. Desimal, Heksadesimal, Biner, Oktal
b. Konversi

 

Pengenalan Java

 

Aplikasi Java merupakan program khusus yang dapat berjalan pada mesin apapun, yang telah memiliki Java Runtime Environment (JRE).

1. Ada 2 deployment environment yang utama :

a. JRE didapat dari Java 2 Software Development Kit (SDK), yang di dalamnya terdapat kumpulan lengkap file class dari semua

package Teknologi Java, termasuk class bahasa basic, class komponen GUI dan lain-lain.

b. Yang utama pada deployment environment lainnya adalah pada web browser.

2. Teknologi Java

  • Bahasa pemrograman
  • Development Environment
  • Application Environment
  • Deployment Environment

3. Beberapa fitur java:

  • Java Virtual Machine
  • Garbage Collection
  • Code Security

Memahami Ruang Lingkup Pemrograman

Pada Program java My First menggunakan teks editor dan Console. Console merupakan tempat untuk menulis perintah(command)

Contoh :

  • Terminal (Linux)
  • MSDOS Command Prompt (Windows)

Integrated Development Environment (IDE) merupakan environment pemrograman yang terintegrasi pada aplikasi dan untuk menyediakan developer GUI, text atau code editor, compiler/interpreter dan debugger.

– Format perintah/command untuk menjalankan proses compile : javac [nama file]

Sebagai contoh program, dapat ditulis : javac Hello.java

Errors Syntax

error yang dihasilkan ketika terjadi kesalahan pengetikan.

Kesalahan pada sintaks sering terjadi, jika:

1.  Salah mengeja perintah/command pada Java.

2.  Lupa mengetik semicolon pada akhir statement

  • Kesalahan: Syntax Error
  • Kesalahan: Syntax Error
  • Kesalahan: Runtime Error

Dasar pemrograman

Java block merupakan satu atau beberapa statement yang berada diantara tanda kurung kurawal buka dan tanda kurung kurawal tutup, yang mengelompokkan beberapa statement ke dalam sebuah unit, Nested pada block statement tidak terbatas dan spasi kosong diperbolehkan pada block statement.

Contoh :

public static void main( String[]args ){
System.out.println(“Hello”);
System.out.println(“world”);
}

Panduan penulisan program

1.    Untuk membuat block, tempatkan kurung kurawal buka, satu baris setelah deklarasi block. Contohnya:

public static void main(String[] args){

atau tambahkan pada baris berikutnya, seperti,

public static void main( String[] args )

{

2. Statement sebaiknya dimasukkan pada baris selanjutnya, setelah awal dari block.

Contohnya:

public static void main( String[] args ){

System.out.println(“Hello”);

System.out.println(“world”);

}

3. Hindari penggunaan garis bawah pada awal identifier seperti,

_read atau _write

  • Java keyword
  • Keyword merupakan identifier khusus yang sudah disediakan oleh Java untuk tujuan tertentu.
  • Keyword tidak dapat digunakan sebagai nama dari variabel, class, method … dll.
  • daftar dari Java keyword, terdapat pada slide berikut ini
  • Java keyword
  • Java literal
  • Literal merupakan tanda(token) yang tidak berubah(konstan)

Mendapatkan input dari keyboard

Terdapat dua cara untuk mendapatkan input:

  • Menggunakan class BufferedReader
  • Menggunakan class JOptionPane
    • GUI(graphical user interface)

Statement digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan sebuah button OK, seperti terlihat pada gambar.

  • Dialog tersebut akan memberikan return value String yang akan disimpan di variabel name.
  • Mempelajari dua cara untuk mendapatkan input dari user dengan menggunakan class:
  • BufferedReader
  • JOptionPane
  • Penjelasan singkat tentang package
  • Merupakan sekumpulan class di Java
  • Class berada di dalam package
  • Class menggunakan package dengan cara mengimportnya

Struktur Kontrol

Struktur control digunakan untuk mengatur susunan proses eksekusi statement-statement di dalam program.

Struktur kontrol mempunyai dua tipe:

  • Struktur kontrol keputusan
  • Struktur kontrol pengulangan

Struktur kontrol keputusan digunakan untuk memilih dan mengeksekusi block tertentu dari code yang dapat berpindah ke bagian lain.

Tipe-tipenya :

  • statement-if
  • statement-if-else
  • statement-if-else if

Ekspresi Boolean merupakan bagian dari sebuah statement yang harus dieveluasi ke sebuah nilai boolean. Hal tersebut berarti bahwa eksekusi dari kondisi harus memiliki nilai true atau false.

  1. statement dalam blok-if.

Contoh:

if( boolean_ekspresi ){
//statement1;
//statement2;

}

Panduan Penulisan Program

  • Untuk menghindari kesalahan, selalu letakkan statement-statement dari blok if atau if-else didalam tanda {}.
  • Anda dapat memiliki blok if-else berantai. Artinya Anda dapat memilki blok if-else yang lain didalam blok if-else yang lain.

Contoh:

if( boolean_ekspresi ){
if( boolean_ekspresi ){
//statement
}

}

else{
// statement

}

Catatan:

  • Tidak sama dengan statement-if, statement multiple dieksekusi pada statement-switch, tanpa membutuhkan statement percabangan (braches statement).
  • Ketika sebuah case pada statement-switch sesuai, semua statement yang ada didalam case tersebut akan dieksekusi. Tidak hanya itu, statement yang berhubungan dengan case tersebut juga akan dieksekusi.
  • Untuk mencegah program dari pengeksekusian statement pada case sebelumnya, kita menggunakan statement-break sebagai statement akhir.

 

Java Array

Pengenalan array :

Terdapat  tiga variabel dengan tipe data int yang memiliki identifier yang berbeda untuk tiap variabel.

int number1;
int number2;
int number3;

number1 = 1;
number2 = 2;
number3 = 3;

Code di atas bukanlah contoh yang baik untuk memperlihatkan proses penginisialisasian dan penggunaan variabel, terutama jika variabel tersebut digunakan untuk tujuan yang sama.

  • Pengenalan array
  • baik Java maupun bahasa pemrograman lain, memiliki kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan sebuah data list, kemudian memanipulasinya dengan lebih efektif.
  • Tipe variabel inilah yang disebut sebagai array.
  • Sebuah array akan menyimpan beberapa item data dengan tipe data yang sama di dalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa slot.
  • Pendeklarasian array

Untuk mendeklarasikan array :

  • tulis tipe datanya,
  • diikuti dengan tanda kurung [],
  • serta diikuti oleh nama identifier.

Contoh:

int []ages;

atau

int ages[];

Catatan:

  • Jika array telah dideklarasikan dan dikonstruksi , nilai yang disimpan dalam setiap anggota array akan diinisialisasi sebagai nol.
  • Untuk tipe data reference seperti String , nilai dari String tidak akan diinisialisasi ke string kosong “”, sehingga Anda tetap harus membuat array String secara eksplisit.

Command Line Argument

Dengan menggunakan command-line argument, user dapat memanipulasi operasi sebuah aplikasi dalam satu pemanggilan

User memberikan argumen dari command-line pada saat melakukan pemanggilan terhadap aplikasi dan menjalankannya dengan cara menuliskannya setelah nama class

Contoh :

Diasumsikan bahwa Anda memiliki sebuah aplikasi Java bernama Sort yang berfungsi mengurutkan 5 bilangan. Maka program dijalankan dengan cara :

Catatan : Argumen dipisahkan dengan spasi

Setiap argumen yang diberikan, tersimpan pada array args dari deklarasi method main().

Fungsi dari command line argument dalah untuk mencetak array dari argumen, kita tuliskan :

Bekerja dengan Java class library

Object-Oriented programming (OOP) menitikberatkan pada konsep object sebagai elemen dasar dari program dan object tersebut dikarakterisasi oleh property dan behavior.

  • Pengenalan OOP

Contoh Object :

Object dapat diasumsikan sebagai sebuah perangkat lunak, yang menggunakan property sebagai data, dan behavior sebagai method

  • Enkapsulasi merupakan method untuk menyembunyikan beberapa method tertentu dari implementasi Class tertentu.
  • Class diasumsikan sebagai template, sebuah prototype dari object dan merupakan struktur dasar dari OOP
  • Object Terdiri dari:

a. kumpulan data (property), berupa variabel yang menentukan karakteristik sebuah object

b. beberapa method (behavior) yang menjelaskan bagaimana bentuk object.

Object adalah sebuah instance dari Class.

Berikut ini merupakan contoh Class dan Object :

  • Class memiliki kelebihan dengan salah satu karakteristiknya yaitu, reusable.
  • Programmer dapat menggunakan sebuah class berulang kali untuk membuat banyak object.
  • Class Variable
  • Class terdiri dari :
  • a. Instance variable
    b. Instance method
    c. Class Variable (static member variable)‏
    d. variabel yang dimiliki oleh keseluruhan class
    e. Variabel tersebut memiliki nilai (value) yang sama untuk semua object dalam class yang sama.

Method merupakan bagian code yang dapat dipanggil oleh program utama atau method lain untuk melakukan suatu fungsi tertentu.

Membuat class sendiri

Mendefinisikan class :

Untuk mendefinisikan sebuah class, kita tuliskan :

  <modifier> class <name> {

      <attributeDeclaration>*

      <constructorDeclaration>*

      <methodDeclaration>*

        }

Petunjuk penulisan program

  • Gunakan nama yang sesuai untuk penamaan class. Disarankan untuk tidak menggunakan XYZ sebagai nama class atau nama asal-asalan lainnya.
  • Nama class harus diawali dengan huruf KAPITAL.
  • Penamaan file harus tepat sama dengan nama yang digunakan oleh class ber-modifier public.
  • Mendeklarasikan atribut

Mengatur CLASSPATH

  • Package SchoolClasses harus ditempatkan di dalam direktori C:\
  • Pengaturan classpath harus merujuk pada direktori yang bersangkutan, sehingga ketika dijalankan, JVM dapat melihat dimana class-class tersebut disimpan.
  • mari kita lihat contoh pada slide berikut, apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan pengaturan classpath.

 

Inheritance, Polymorphism, dan Interface

Pewarisan (inheritance) merupakan semua class dalam Java, termasuk class yang membangun Java API, merupakan subclass dari superclass Object.

Contoh dari hierarki class :

Pewarisan (inheritance)

Superclass merupakan class yang letaknya di atas class tertentu di dalam hierarki.

Subclass merupakan class yang letaknya di bawah class tertentu      di dalam hierarki.

Keuntungan penggunaan Inheritance dalam OOP : Reusability

  • Ketika behavior(method) dideklarasikan dalam superclass, behavior tersebut otomatis diwariskan ke seluruh subclass
  • Jadi, Anda dapat meng-enkode method hanya sekali dan method tersebut dapat digunakan oleh seluruh subclass
  • Sebuah subclass hanya perlu mengimplementasikan perbedaan antara dirinya sendiri dan parent-nya

Polymorphism merupakan Kemampuan sebuah variabel reference untuk merubah behavior sesuai dengan apa yang dipunyai object.

polymorphism membuat objek-objek yang berasal dari subclass yang berbeda, diperlakukan sebagai objek-objek dari satu superclass. Hal ini terjadi ketika memilih method yang sesuai untuk diimplementasikan ke objek tertentu berdasarkan pada subclass yang memiliki method bersangkutan.

Interface adalah semacam blok spesial yang hanya berisi tanda tangan method (dan mungkin konstan), menggambarkan tandatangan dari seperangkat method, tanpa body, menggambarkan cara standard dan publik penetapan behavior class dan mengijinkan class,dengan mengabaikan lokasi mereka di dalam hirarki class untuk menerapkan behavior.

Dasar exception handling

Exception merupakan event yang menyela alur proses normal suatu program. Event ini biasanya berupa beberapa error. Event ini akan menyebabkan program berhenti tidak normal.

Contoh exception :

  • ArrayIndexOutOfBounds Exception
  • NumberFormat Exception

Untuk menangani exception dalam Java, kita menggunakan blok try-catch-finally dan yang dapat kita lakukan adalah, meletakkan statement di dalam program, yang mungkin dapat menghasilkan exception, di dalam blok try-catch-finally.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s