Outbound Yang Dahsyat . . .

Cerita Mengenai Outbound . . .

By : Sehat Sempurna

Tak terasa waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yaitu OUTBOUND yang diselenggarakan oeh Tim Seamolec bersama ITB dalam rangka orientasi mahasiswa baru jenjang alih D3 ke D4 angkatan ke-5 pada tanggal 26-27 September 2011. . .

Dalam benak saya, outbound yang akan kami lakukan merupakan sebuah permainan biasa yang hanya untuk hura-hura saja. Akan tetapi, kali ini pikiran saya meleset total..??? ha.ha.ha

Outbound kali ini dipimpin oleh Bp. Staenley bersama dengan tim-nya. Pertama kali saya melihat pak stendly, saya merasa takut karena pak Staenley seperti anggota gitu . . .  .ha . ha . ha

belum lagi waktu baris-berbaris pak stendly memberi sedikit kejutan . saat itu saya berfikir…..??? WADUH KOK SEPEETI INI YAH??? menakutkan sekali…. wkwkwkwk

Tapi kali ini pikiran saya meleset lagi, karena setelah tiba pada giliran saya, saya baru tau bahwa pak stendly sedang berusaha untuk melatih dan membuat mental kami semua menjadi down, yang mana pada prinsipnya adalah untuk membentuk karakter kami semua menjadi lebih baik.

oh ia nih teman-teman, saya gak habis pikir, ternyata dibalik pribadi pak Staenley yang cukup menakutkan itu, ternyata pak Staenley sangat suka dengan lagu gabby (tinggal kenangan) ck . ck . ck . . . lumayan melo juga yah….

kita tinggalkan dulu yah soal pak stendly yang gagah berani itu, ha . ha .ha

pada hari outbound pertama, kami semua dilatih bagaimana cara kami untuk saling bekerja sama.

hmmmm (kerjasama lumayan sulit juga yah teman-teman, akan tetapi hasilnya sangat menyenangkan dan memuaskan sekali…

Terlepas dari smua kegiatan tersebut, satu hal yang sangat membuat saya jadi terkejut lagi adalah kegiatan Selling Point (jualan pena) dengan harga yang cukup fantastis.

waduh, karena mendengar hal itu hati saya menjadi bergetar dan tidak tenang. karena saya belum pernah melakukan hal itu apalagi harga yang ditawarkan sangat mahal. singkat cerita nih teman-teman ternyata Selling Point itu tidak terlalu sulit juga yah…akan tetapi diperlukan suatu keberanian dan tutur kata dimana hal itu bisa membuat hati dari calon pembeli menjadi tergugah.

esok harinya, tepatnya tanggal 27 kegiatan outbound terakhir dimulai, dan hari itu merupakan hari yang kurang menyenangkan untuk saya karena saat itu saya terlambat datang. wah kena hukum deh oleh Pak Staenley bersama panitia. hukumannya yaitu pushup sebanyak 30 X dan itu membuat tangan saya menjadi pegal-pegal hahahaahaaa…

Tetapi karena hal tersebut saya disadarkan bahwa begitu berharganya waktu yang kita jalani dan begitu pentingnya disiplin itu.

Dari semua kegiatan Outbound pada hari ke-2 saya sangat terkesan dengan permainan pipa air, dimana kelompok kami (kelompok kerbau) dengan penuh semangat dan pantang menyerah untuk mengisi air ke dalam pipa yang berlubang sampai terisi penuh dan mengeluarkan bola plastik. Akhirnya dengan penuh perjuangan, kelompok kerbau berhasil menyelesaikan game tersebut dengan sangat baik dan yang sangat membuat saya terkesan adalah kami sebagai kelompok kerbau diberi uang sebesar Rp. 50.000 oleh Pak Staenley (wah Pak Staenley baik sekali yah…).

(Game Pipa Air)

Dibalik semua kegiatan yang sangat melelahkan pada hari itu, kami di suruh kembali untuk Selling Point. karena sudah terlalu lelah saya bersama dengan Ade ( teman kelompok saya) menawarkan pena tersebut kepada Pak Staenley. Akan tetapi hal itu tidak berhasil, karena sepertinya pak staenley sudah menduga hal tersebut. hahahahahaaa… Salut buat Pak Staenley.

Inti dari seluruh kegiatan yang kami lakukan adalah, membangun rasa persaudaraan, solidaritas, saling berkerja-sama, tolerasi antar sesama dalam perbedaan suku, ras, budaya, bahasa, sifat, dan Agama, juga kita bisa berdiri sendiri tanpa mengandalkan orang lain namun saling membutuhkan, dan saling membantu.

TERIMA KASIH UNTUK  SELURUH PANITIA YANG SUDAH TERLIBAT, OUTBOND YANG DAHSYAT….

By : Raden Gantria Surya Kusumah

Hari-1 Outbond Tanggal 26-November-2011

Dari sejak awal pembukaan program Batch 5 untuk D4 alih jenjang, kami sebagai mahasiswa diberitahukan untuk datang pada pukul 5.30 di depan lapangan Seamolec UT Jln. Pondok Cabe, Tangerang.

pada hari pertama ini dikarenakan saya pergi berkelompok dengan Mahasiswa laiinya yang ber-asal dari Bandung. Saya bertempat tinggal di kosan yang sama dengan 13 orang yang lainnya..kami 13 orang dari bandung ini kosannya masih ter manage dengan baik, dikarenakan kosan yang kami tinggali dan telah kami pesan masih ada yang mengisi jadinya 13 orang yang terdiri dari 2 perempuan dan 11 laki-laki ini di tempatkan pada kosan yang terpisah namun tidak sesuai dengan pesanan kami yang harusnya 1 kosan diisi dengan 4 orang malah jadi 11 orang untuk kosan laki-laki nya..maka dari itu ketika pagi hari menyambut di hari sabtu 26-November-2011 itu kami agak kesulitan ketika mandi karena harus mengantri dikarenakan WC di dalam kosan laki-laki yang diisi oleh 11 orang tersebut hanya ada 1. Namun walaupun begitu tidak satupun dari kami ada yang yang terlambat mengikuti kegiatan outbond pada pagi hari yang cerah tersebut.

Alhamdullillah pada saat kegiatan dimulai, seluruh kegiatan yang telah dijadwalkan berjalan lancar…

pada kegiatan awal seluruh mahasiswa dikumpulkan di depan lapangan seamolec dan dibimbing oleh Bapak Staenley beserta crew atau fasilitator yang telah di persiapkan sebelumnya..setelah kami berkumpul kami berbaris membentuk lingkaran dan diatur sedemikian rupa agar seluruh mahasiswa berbaur satu sama lain tanpa mengenal identitas masing2…lalu kami disuruh menutup mata kami dan berjalan sesuai perintah dari Pak Staenley…setelah mengikuti seluruh perintah dari Beliau kami diinstruksikan untuk membuka mata kami dan saling berkenalan satu sama lain dari jarak yang paling dekat. Lalu kami dilatih untuk fokus pada perintah beliau dan mengikuti instruksinya…awalnya saya tidak mengerti dengan instruksi beliau yang memusingkan dan membingungkan..tapi setelah saya ikuti lalu saya pun mendengarkan penjelasan beliau dan saya pun mengerti makna dari fokus tersebut.

setelah itu kami dibagi kelompok sesuai yang telah diatur oleh panitia Outbond lalu kami diinstruksikan untuk membuat yell-yell..sambil merencanakan yell-yell apa yang akan kami buat…kami saling mengenalkan diri masing-masing kepada teman sesama kelompok..lalu kami berbaris lagi untuk menyanyikan yell-yell yang sudah di buat…

setelah itu kami di kumpulkan di kelas untuk mengikuti kegiatan selanjutnya sesuai dengan jadwal yang di tentukan..lalu kami di beri game yang bersifat melatih kebersamaan dan juga konsentrasi…dari mulai cerita seekor kodok yang dapat mencapai cita-citanya dengan cara yang unik, yaitu dia tidak memperdulikan persepsi negatif dari sekitarnya..lalu kami bernyanyi bersama lagu Mariah Carey – Hero dan kami harus mengartikan maknanya…dalam tersebut banyak hal positif dan makna yang luar bisa dapat kita ambil seperti dalam diri kita terdapat suatu kekuatan yang dapat menyingkirkan rasa takut, bingung, dan gelisah pada saat kita memiliki masalah… Kekuatan tersebut adalah kepercayaan diri kita….setelah bernyanyi bersama kami mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu Quis…. Quis yang kami ikuti bermacam-macam dari mulai tanya jawab sampai ke praktek memecahkan masalah yang diinstruksikan…smua hal yang kami ikuti ini ternyata untuk melatih logika dan arti kebersamaan ketika memecahkan suatu masalah…makna yang paling mendalam saya kutip dari kegiatan hari ini adalah “segala sesuatu yang berat ataupun sulit, jika kita kerjakan bersama-sama akan menjadi lebih mudah”. Lalu kami memasuki kegiatan Selling Point, pada kegiatan ini kami diinstruksikan untuk menjual satu buah ballpoint dengan harga jual yang luar biasa…di luar daerah Universitas Terbuka….pada saat itu saya menawarkan ke pelanggan di sekitar jalan pondok cabe….saya bertemu dengan Suphar dan Shelly ketika dijalan lalu kami membentuk kelompok selling point….setelah membentuk kelompok kami menawarkan ke seorang Bapak di jalan dengan cara persuasif…dan seorang Bapak tersebut ternyata tertarik untuk membeli sebuah ballpoint dengan harga yang seharusnya Rp 1.700 dan kami jual Rp. 10.000 ….. Pada saat itu saya berfikir tidak mungkin ballpoint tersebut dapat di beli dengan harga semahal itu, namun setelah kami coba dengan cara kami ternyata ballpoint tersebut bs terjual dengan harga yang mahal…pada saat itu kami belajar untuk membuang rasa malu untuk berbicara dengan orang asing…juga kami belajar untuk membangun jiwa wirausaha didalam diri kami…saya merasa pada hari itu banyak pengalaman baru yang berharga saya terima selama di latih di Seamolec ini….

Setelah kami berkumpul untuk pulang kami diberi tahu untuk dateng kembali pada pukul 19.30 malam untuk menghadiri acara Api Unggun sesuai pada jadwal outbond yang sudah ditentukan…lalu kami pun pulang untuk mandi setelah kegiatan outbond tadi dan beristirahat untuk makan. ketika sampai kosan saya mengalami kendala ketika mau mandi…karena 1 kosan diisi oleh 11 orang maka kami harus mandi bergantian dan lama. setelah itu kami pergi bersama ke kampus namun telat…lalu seluruh orang yang telat ketika upacara api unggun di mulai kamipun di tegur.

ketika kami berkumpul di lapangan untuk menghadiri upacara api unggun..kami diberi game oleh mas Faisal untuk melatih konsentrasi kami dengan mendengarkan instruksinya lalu kami saling menangkap jari teman disebelah kami dan kami harus lolos dari tangkapan teman kami…lalu kami di iinstruksikan untuk menulis seluruh sifat buruk kami di daun hijau lalu membakarnya ke dalam api untuk membuang seluruh sifat buruk kami mulai sejak saat itu…kami pun berkumpul untuk pulang setelah api unggun di nyalakan…dan kami bernyanyi bersama lalu kami bersiap untuk pulang dan bersiap-siap untuk istirahat menyambut outbond hari ke-2..

Leave a Reply

